Kadang-kadang
mempelajari semua nada pada fingerboard, lalu semua akord dan tangga nada
yang mungkin kamu butuhkan tidaklah cukup. Sayangnya, juga ada teknik-teknik
yang sulit dikuasai...
Tapi, jangan khawatir---dalam Aliran musik metal
hanya ada setengah lusin atau lebih, dan bagian ini akan memaparkan apa saja
yang kamu perlukan untuk meyakinkan penonton bahwa kamu adalah spesialis tulen.
Di sini saya menawarkan lima teknik---tapping,
trik-trik, whammy-bar, sweep-picking, palm harmonics, dan multi-finger
tapping. Semua ini bukan teknik pilihan, melainkan teknik yang secara
musikal paling sahih dan menghasilkan sound
terbaik. Pokoknya teknik-teknik inilah yang paling tepat untuk pamer keahlian.
Teknik-teknik Menjadi Gitaris
Spesialis
·
PINCHED HARMONICS: Suara 'mengukik' yang dimunculkan oleh pemain lead.
Diciptakan dengan menekan dawai menggunakan sisi jempol saat kamu memainkan
nada itu dengan pick. Hasilnya terdengar
fantastis, tapi kadang-kadang digunakan secara berlebihan oleh beberapa
gitaris. Membutuhkan gain yang tinggi dan sound
yang amat terdistors.
·
GARLING: Memainkan
sebuah nada, jentikkan whammy-bar
sehingga menghasilkan suara 'tuing'. Amat mudah tapi sound yang muncul amat menakjubkan. Van Hallen dan Extreme
pernah keranjingan teknik ini pada awal '90-an. Sekarang, teknik ini dianggap basi
di kalangan Nu-Metal.
·
DROPPED TUNNINGS:
Turunkan seteman gitar satu semitone atau lebih untuk mendapatkan sound yang
BENAR-BENAR heavy. Korn, Pantera, Soulfly, Kurt Cobain,
dan Jimi Hendrix tidak mungkin
semuanya salah, 'kan?
·
CONTROLLED FEEDBACK:
Memainkan satu nada dengan distorsi ampli, kemudian berjalanlah menuju ampli
yang KERAS. Ampli itu akan mendorong udara, udara bergetar dan mendorong dawai,
dawai bergetar dan kamu bisa mendengarkan dari ampli itu. Merupakan satu nilai
tambah njika kamu bisa melakukannya sambil menjulurkan dan mengoyang-goyangkan
lidahmu.
·
DELAYS: Penggunaan
yang paling termasyhur adalah dalam permainan Nuno Bettencourt dari Extreme pada lagu 'Flight Of The
Wounded Bumble Bee'. Aturlah delay
sehingga nada yang muncul berulang agak lebih lambat daripada kecepatan
petikanmu. Kalau kamu bisa mengatur kecepatan petikanmu tepat dua pertiga dari delay, kamu akan menciptakan kesan
seolah-olah kamu bisa bermain dua kali lebih cepat daripada yang bisa kamu
mainkan. Sulit, tapi (ada yang bilang) hasilnya akan sepadan dengan upaya yang
kamu lakukan.
·
DIVEBOMS:
Pada dasarnya, memainkan sebuah nada, lalu menekan whammy-bar sampai batas maksimum. Bisa juga digunakan dengan
beberapa jenis nada harmonis (harmonic). Disebut juga 'suara sepeda motor yang
berisik' layak membeli Superstrat demi teknik ini.
2 komentar:
Ahli servis gitar apa namanya?lagi ngerjain tts.xxxHxxR kirim ke fla_gbu@yahoo.co.id
gan, sebetulnya harmonic itu gampang gan asal kita mempelajarinya.. btw mantab dah tips gitarisnya.
Posting Komentar