Minggu, April 08, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Posted by Unknown 22.28, under | 1 comment


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN    : SMP NEGERI 1 PRABUMULIH
MATA PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS
KELAS / SEMESTER         : VII /2
ALOKASI WAKTU                        : 2 X 40 MENIT
ASPEK KEBAHASAAN    : MEMBACA

A.    STANDAR KOMPETENSI
                        Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana                           berbentuk descriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

B.     KOMPETENSI DASAR
                        Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat                          sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

C.    INDIKATOR
·         Membedakan antara paragrap deskritive and narrative.
·         Membedakan berbagai informasi rinci dalam teks descriptive
·         Mencari  kata-kata yang sulit pada teks.
·         Membahas soal-soal yang ada pada teks.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
            Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Mengetahui tentang descriptive teks.
·         Mengerti arti dari teks
·         Menjawab pertanyaan dengan benar
·         Menguasai kata-kata baru.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
            Descriptive teks : Borobudur Temple

F.     METODE PEMBELAJARAN
                        Metode : Tanya Jawab



G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

      A.Kegiatan Pendahuluan
      Introduction :
·      Memperkenalkan materi kepada siswa.
   Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
   Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

      B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

                    1. Kegiatan Pendahuluan
                    a.    Tanya jawab kondisi siswa
                     b.    Siswa menjawab petanyaan tentang objek wisata di sekitar                       

                    2. Kegiatan Inti
                     a.    Mendiskusikan kata sulit yang digunakan dalam teks
                     b.    Menyimak kalimat-kalimat yang diucapkan guru
                     c.    Mengidentifikasi makna dan fungsi kalimat yang dibaca siswa
                     d.    Menjawab pertanyaan dari teks

                   
                    3.    Kegiatan Penutup
                    a.    Menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami wacana                                                                                      yang diberikan
                    b.    Menyimpulkan materi pelajaran bersama dengan siswa
                    c.               Memberi tugas ke siswa untuk mencari contok teks deskriptif di rumah

H.    ALAT / BAHAN SUMBER BELAJAR
·         Script Teks.
·         Internet

I.       PENILAIAN
§  Teknik: Tes Tertulis
§  Bentuk: Pertanyaan Tertulis
§  Instrumen:
Borobudur Temple
            Borobudur is Budhist temple. It was build in the nineth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.
            Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consist of eight step like stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by walls adorned with Budist sculpture in bas-relief. The upper three are circular.
            Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire adifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and starways. The design of borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.
            Borobudur temple which is rededicated as an Indonesian monument in 1983 is a valuable treasure for Indonesian people
Answer of Question :
1.      What is text about?
2.      Where is the borobudur temple area?
3.      What is the century of borobudur tempe in build?
4.      How the structure of Borobudur temple?

Prabumulih,       Maret 2012
Kepala SMP N 1 Prabumulih                                                   Guru Mata Pelajaran


Dra.Hj.Megawati Djohan                                                         Yoga Arif Wijaya, S.Pd
NIP:________________                                                         NIP:_______________


Add to Google Reader or Homepage

1 komentar:

Penyajian Arktikel di blog ini sangat bagus, saya suka..
Semoga Artikel lainnya memberikan informasi yang lebih bermanfaat lagi.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive