RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN :
SMP NEGERI 1 PRABUMULIH
MATA PELAJARAN :
BAHASA INGGRIS
KELAS / SEMESTER :
VII /2
ALOKASI WAKTU : 2 X 40 MENIT
ASPEK KEBAHASAAN :
MEMBACA
A.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami makna teks
tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Merespon makna yang
terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan
terdekat
C.
INDIKATOR
·
Membedakan antara paragrap
deskritive and narrative.
·
Membedakan berbagai informasi
rinci dalam teks descriptive
·
Mencari kata-kata yang sulit pada teks.
·
Membahas soal-soal yang ada pada
teks.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat :
·
Mengetahui tentang descriptive
teks.
·
Mengerti arti dari teks
·
Menjawab pertanyaan dengan benar
·
Menguasai kata-kata baru.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Descriptive teks : Borobudur Temple
F.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode : Tanya Jawab
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
A.Kegiatan
Pendahuluan
Introduction
:
· Memperkenalkan materi kepada siswa.
Apersepsi :
·
Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan
esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari
berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun
phrase, adj, verb, adverb
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan masalah;
Ø Memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Tanya
jawab kondisi siswa
b. Siswa menjawab petanyaan
tentang objek wisata di sekitar
2.
Kegiatan Inti
a. Mendiskusikan kata sulit yang digunakan dalam
teks
b. Menyimak kalimat-kalimat yang diucapkan guru
c. Mengidentifikasi makna dan fungsi kalimat
yang dibaca siswa
d. Menjawab pertanyaan dari teks
3. Kegiatan
Penutup
a. Menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami wacana yang diberikan
b. Menyimpulkan
materi pelajaran bersama dengan siswa
c. Memberi tugas ke siswa untuk mencari contok teks deskriptif di rumah
H.
ALAT
/ BAHAN SUMBER BELAJAR
·
Script Teks.
·
Internet
I.
PENILAIAN
§ Teknik:
Tes Tertulis
§ Bentuk:
Pertanyaan Tertulis
§ Instrumen:
Borobudur
Temple
Borobudur
is Budhist temple. It was build in the nineth century under Sailendra dynasty
of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java,
Indonesia.
Borobudur
is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta
architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and
consist of eight step like stone terrace. The first five terrace are square and
surrounded by walls adorned with Budist sculpture in bas-relief. The upper
three are circular.
Each
of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire adifice is crowned by
a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the
summit extends through some 4.8 km of passage and starways. The design of
borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at
Angkor, Cambodia.
Borobudur
temple which is rededicated as an Indonesian monument in 1983 is a valuable
treasure for Indonesian people
Answer of Question :
1. What is text about?
2. Where is the borobudur temple
area?
3. What is the century of borobudur
tempe in build?
4. How the structure of Borobudur
temple?
Prabumulih, Maret 2012
Kepala
SMP N 1 Prabumulih Guru
Mata Pelajaran
Dra.Hj.Megawati Djohan Yoga
Arif Wijaya, S.Pd
NIP:________________ NIP:_______________
1 komentar:
Penyajian Arktikel di blog ini sangat bagus, saya suka..
Semoga Artikel lainnya memberikan informasi yang lebih bermanfaat lagi.
Posting Komentar