Selasa, Maret 06, 2012

Tips memainkan Rhythm

Posted by Unknown 21.16, under | No comments





Pola-Pola Rhythm atau "Get Your Motor Runnin"

Jika kamu mesti menggertak di sebuah pertunjukan metal, kamu perlu meyakinkan semua orang dalam band bahwa kamu paham dengan 'kocokan rhythm'-mu. Karena itu, kamu harus bisa memainkan beberapa jenis pengiringan dasar.

Dalam bagian ini kamu akan mendapatkan 10 pola rhythm dan petikan, yang diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan dan yang digunakan oleh para gitaris ketika bermain dalam konteks band dengan seorang penyanyi atau pemain lead.

Tips memainkan Rhythm

·         Selalu gunakan pick. Ingat: selalu. Kebanyakan pemain menyukai yang tebal 1 mm atau lebih
·         Tempelkan telapak tangan kananmu pada dawai-dawai bridge untuk menciptakan palm-mute, kemudian mainkan downstroke delapan-kali-per-bar dengan pick. Jika kamu memainkan Speed Metal, kamu mesti bisa memainkan not seperdelapan pada tempo sekitar 180BPM (dengarkan magu metallica 'Master Of Puppets'----ya, itu downstroke melulu!)
·         Gunakan hanya power chord. Tidak perlu mencoba-coba Sus4, Minor 9, dan lain-lain. Bahkan chord 7th pun akan membuatmu kedengaran seperti sedang nge-blues.
·         Ada anggapan umum bahwa makin banyak distorsi yang kamu gunakan, makin heavy pula suaranya. Ini sering kali salah, karena jika kamu mengubur semua mixing dengan distorsi, kekuatan chord akan hilang, sehingga hasil keseluruhan tidak nge-rock.
·         Jangan selalu mengocok keenam senar. Hampir semua bagian rhythm hanya menggunakan dua atau tiga senar bas.
·         Cobalah bereksperimen dengan penyeteman. Banyak pemain gitar (Cobain, Hendrix) yang menurunkan seteman menjadi lebih rendah satu semitone. Band –band yang lebih heavy menggunakan penyeteman yang lebih rendah (menurunkan dawai keenam, biasanya ke nada D). Band bergitar yang benar-benar heavy menurunkan setemannya lebih jauh lagi-----misalnya, Korn menggunakan gitar Ibanez Universe 7 senar, dan menurunkan seteman senar ke-7 ke nada A.
·         Tambahan sedikit delay pada sound gitar untuk mensimulasikan double rhythm track
·         Atau , jika kamu sedang rekaman, cobalah men-doubletrack bagian rhythm. Skunk Anansie, Pantera, dan Rage Against The Machine sering melakukan hal ini.
·         Berikan aksen pada ketukan tertentu dalam tiap bar. Ini penting agar permainan not seperdelapan tidak terdengar membosankan, dan hal ini juga umum dipraktikkan dalam Thrash dan Speed Metal.
·         Pastikan kamu mematikan setiap dawai yang tidak kamu mainkan. Dawai terbuka dan tidak sengaja dibunyikan bisa memporakporakandakan sebuah ryhthm

Add to Google Reader or Homepage

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive