Selasa, Maret 06, 2012

Tapping

Posted by Unknown 21.35, under | No comments




            Tapping adalah membunyikan nada dengan mengetuk memakai kedua tangan.

Cara bermain gitar dengan gaya “Tapping” ini, senar tidak dipetik seperti biasa, tetapi senar diketuk menggunakan jari tangan langsung. Pada gitar elektrik sangatlah sensitif terhadap sentuhan pada senar.

Dari sensitifitas snar yang menggetarkan “spool” elektrik, membuat teknik tapping ini lebih diminati pada penggunaan gitar elektrik.

Gitaris kelas dunia yang sering melakukan atraksi bermain gitar dengan Tapping diantaranya ada nama Eddie Van Hallen, Steve Vai, Paul Gilbert, Andy James dan Balawan dari Indonesia sang pelopor tapping style di Indonesia.

Teknik bermain gitar cara ini pertama kali aku lihat pada pertunjukan James Brown pemusik Afro America ini sebagai bintang tamu pada sebuah film yang dibintangi Roger Moore  .

Berikutnya adalah teknik tapping, teknik ini lanjutan dari teknik palu alias hammer, dan digunakannya juga biasanya bersama-sama dengan hammer. Gini caranya, kamu lakukan suatu teknik hammer di fret ke 7 dan 9. Lalu segera tekan fret ke 11, namun dengan jari telunjuk tangan kanan. Hehe buat yang masih suka keserimpet jangan takut, as I always say practice makes perfect. Langsung menuju tabnya …

Di bawah ini adalah contoh tablatur yang memakai teknik hammer,

E ———————————————————-
B —————10h12—————————-——
D ———————————————————-
G ———————————————————-
A ———————————————————-
E ———————————————————-

Tablatur diatas bunyinya seperti ini, “Tekanlah senar ke dua dari bawah pada fret ke 10 lalu petik kemudian segeralah menekan fret ke 12 tanpa melepas jari yang di fret ke 10″. Ada juga tablatur seperti ini …

E ———————————————————-
B —————10h12p10—————————-
D ———————————————————-
G ———————————————————-
A ———————————————————-
E ———————————————————-

Untuk lebih jelasnya anda bisa pelajari dari video di bawah ini



Add to Google Reader or Homepage

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive