Kamis, Maret 01, 2012

Cara Memainkan Slide Gitar

Posted by Unknown 21.27, under | No comments


Slide/bottleneck/sliding adalah tehnik gitar yang permainannya dengan cara menggesekkan alat berupa pipa/botol ke senar gitar sehingga perpindahan yang dimainkan terdengar halus. Permainan Slide ini banyak di pakai pada lagu-lagu Hawai dan country. Tehnik sliding ini mulai diperkenalkan pada awal 1900-an, dan alat slide ini mulai di produksi oleh pabrikan alat musik Mr B Bottleneck Slide Guitar.




Slide biasanya terbuat dari kaca atau logam. Pada masa awal dari Blues pemain juga menggunakan tulang (seperti Mississippi Fred McDowell, yang memberikan beberapa rahasia gitar slide untuk Bonnie Raitt) atau pisau. Kaca dan logam menghasilkan suara yang berbeda dan itu hanya masalah selera Anda yang Anda inginkan. Sebagai aturan umum, bahwa slide lebih berat membuat lebih baik dipertahankan.Cara termudah dan un-paling keren adalah pergi ke toko gitar dan membeli satu. Cara paling keren, tapi sulit untuk bermain menggunakan botol.

Cara lain adalah dengan melihat-lihat di garasi Anda untuk sepotong tabung, berjalan melalui pasar properti dan mencari tabung tembaga pemanasan (Anda dapat membuat sekitar 20 slide dari 1 tabung meteran!) Atau kunjungi apotek dan mencari orang-orang kaca tablet kecil botol. Anda juga dapat menggunakan leher botol (ungkapan lain untuk gitar slide adalah gitar bottleneck). Ada banyak hal yang dapat Anda gunakan (Duane Allman, Derek Truk dan Rory Gallagher menggunakan kaca Coricidin botol obat, yang sayangnya tidak lebih diproduksi, tetapi Anda bisa mendapatkan replika!).

Beberapa aturan umum:

·         lebih berat suara keras slide (mereka tidak bergetar itu sendiri sehingga banyak)
·        kaca adalah lebih keras dari logam (biasanya). Ini slide yang lebih baik atas string dan memberikan nada lebih tajam
·        slide logam menghasilkan "hangat" nada
·        string yang lebih tinggi lebih mudah untuk bermain dari senar bass


Cara memainkan gitar teknik slide / sliding adalah sebagai berikut :

·         Tangan kiri memakai slide (pipa/ botol) yang dimasukkan ke salah satu jari
·         Penekanan slide terhadap senar gitar jangan terlalu keras dan jangan sampai menyentuh fret/ fret board
·         Nada dapat dimainkan di ujung senar mulai dari fret ujung sampai tremolo
·         Nada dihasilkan dengan hanya menggesekkan slide pada senar gitar, dan bisa lebih dari 2 oktaf.

Untuk lebih paham, coba anda lihat video di bawah ini.






Selamat mencoba ^_^





Add to Google Reader or Homepage

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive