Rabu, Maret 07, 2012

Teknik-teknik Menjadi Gitaris Spesialis

Posted by Unknown 15.13, under | 2 comments


Kadang-kadang mempelajari semua nada pada fingerboard, lalu semua akord dan tangga nada yang mungkin kamu butuhkan tidaklah cukup. Sayangnya, juga ada teknik-teknik yang sulit dikuasai...

Tapi, jangan khawatir---dalam Aliran musik metal hanya ada setengah lusin atau lebih, dan bagian ini akan memaparkan apa saja yang kamu perlukan untuk meyakinkan penonton bahwa kamu adalah spesialis tulen. Di sini saya menawarkan lima teknik---tapping, trik-trik, whammy-bar, sweep-picking, palm harmonics, dan multi-finger tapping. Semua ini bukan teknik pilihan, melainkan teknik yang secara musikal paling sahih dan menghasilkan sound terbaik. Pokoknya teknik-teknik inilah yang paling tepat untuk pamer keahlian.




Teknik-teknik Menjadi Gitaris Spesialis

·         PINCHED HARMONICS: Suara 'mengukik' yang dimunculkan oleh pemain lead. Diciptakan dengan menekan dawai menggunakan sisi jempol saat kamu memainkan nada itu dengan pick. Hasilnya terdengar fantastis, tapi kadang-kadang digunakan secara berlebihan oleh beberapa gitaris. Membutuhkan gain yang tinggi dan sound yang amat terdistors.
·         GARLING: Memainkan sebuah nada, jentikkan whammy-bar sehingga menghasilkan suara 'tuing'. Amat mudah tapi sound yang muncul amat menakjubkan. Van Hallen dan Extreme pernah keranjingan teknik ini pada awal '90-an. Sekarang, teknik ini dianggap basi di kalangan Nu-Metal.
·         DROPPED TUNNINGS: Turunkan seteman gitar satu semitone atau lebih untuk mendapatkan sound yang BENAR-BENAR heavy. Korn, Pantera, Soulfly, Kurt Cobain, dan Jimi Hendrix tidak mungkin semuanya salah, 'kan?
·         CONTROLLED FEEDBACK: Memainkan satu nada dengan distorsi ampli, kemudian berjalanlah menuju ampli yang KERAS. Ampli itu akan mendorong udara, udara bergetar dan mendorong dawai, dawai bergetar dan kamu bisa mendengarkan dari ampli itu. Merupakan satu nilai tambah njika kamu bisa melakukannya sambil menjulurkan dan mengoyang-goyangkan lidahmu.
·         DELAYS: Penggunaan yang paling termasyhur adalah dalam permainan Nuno Bettencourt dari Extreme pada lagu 'Flight Of The Wounded Bumble Bee'. Aturlah delay sehingga nada yang muncul berulang agak lebih lambat daripada kecepatan petikanmu. Kalau kamu bisa mengatur kecepatan petikanmu tepat dua pertiga dari delay, kamu akan menciptakan kesan seolah-olah kamu bisa bermain dua kali lebih cepat daripada yang bisa kamu mainkan. Sulit, tapi (ada yang bilang) hasilnya akan sepadan dengan upaya yang kamu lakukan.
·         DIVEBOMS: Pada dasarnya, memainkan sebuah nada, lalu menekan whammy-bar sampai batas maksimum. Bisa juga digunakan dengan beberapa jenis nada harmonis (harmonic). Disebut juga 'suara sepeda motor yang berisik' layak membeli Superstrat demi teknik ini.

Add to Google Reader or Homepage

2 komentar:

Ahli servis gitar apa namanya?lagi ngerjain tts.xxxHxxR kirim ke fla_gbu@yahoo.co.id

gan, sebetulnya harmonic itu gampang gan asal kita mempelajarinya.. btw mantab dah tips gitarisnya.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive