Rabu, Februari 29, 2012

Belajar Mengenal Chord, kord, Kunci Gitar Bag 2

Posted by Unknown 22.03, under | No comments


Pada Kesempatan ini saya akan melanjutkan membahas mengenai chord gitar dan agak lebih dalam, tetapi masih dalam ruang lingkup pengetahuan dasar untuk belajar main gitar. Sebelumnya kita sudah belajar mengenal chord gitar untuk jenis Mayor dan Minor secara garis besar di session Belajar Mengenal Chord atau Kunci Gitar.

Nah sekarang kita coba membahas tentang perbedaan Chord gitar (mayor dan minor), tapi sebelumya mari kita bahas tentang apa sih chord itu? Chord adalah suatu susunan beberapa nada yang dibentuk menjadi satu, bisa terdiri atas dua atau lebih nada.Jadi disini nada dasar yang tadinya terdiri dari A-B-C-D-E-F-G dikombinasikan seperti C-E-G (Di tekan secara bersamaan) sehingga membentuk suatu kestabilan nada yang harmonis, nah itulah yang dinamakan chord.

Chord ini menurut teori terbagi atas beberapa jenis :

·         Triad
·         Seventh
·         Extended
·         Added

Nah untuk kesempatan kita coba membahas tentang jenis triad saja, yaitu Major dan Minor.

Triad merupakan tipe kord yang paling umum digunakan terdiri dari tiga rangkaian nada, kalau di nomorin  kurang lebih seperti ini 1-3-5. Triad itu sendiri terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

·         Major/Mayor
·         Minor
·         Augmented
·         Diminished
·         Suspended

Mayor atau Major Merupakan tiga rangkaian nada yang paling dasar, triad mayor terdiri dari nada 1-3-5 yang merupakan dari sebuah skala. Sebagai contoh, untuk C mayor terdiri dari nada C, E, dan G.


Seperti gambar diatas untuk C mayor terdiri dari 1-3-5 atau C (1st atau root), E (3rd) dan G (5th).  Jarak dari satu note ke yang lain disebut interval. Misalnya Jarak dari C ke E disebut 3rd. Jarak dari C ke G disebut 5th.

Nah jika kita ingin membuat kord C minor intervalnya agak berubah untuk langkah 3rd berubah menjadi Eb (3rds), lihat gambar di bawah :


Jadi perbedaan antara mayor dan minor terletak di ;

Untuk Mayor 3 = 2 langkah
Untuk Minor 3 = 1 ½ langkah

Oke, Sekarang kalian bisa mencobanya sendiri......



Add to Google Reader or Homepage

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive