RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : SMPN 1 PRABUMULIH
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS / SEMESTER : VII /1
PERTEMUAN KE : 1
ALOKASI WAKTU :
1 X 10 MENIT
ASPEK KEBAHASAAN : BERBICARA
A.
STANDAR KOMPETENSI : 1. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat.
B.
Kompetensi dasar : 1.1.Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) dengan menggunakan
ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
menyatakan memperkenalkan diri.
C.
INDIKATOR :
Ø Menggunakan ungkapan memperkenalkan diri
sendiri.
Ø Membedakan ungkapan pengenalan formal dan
informal.
D.
TUJUAN :
Pada akhir pembelajarn siswa dapat :
Ø Memperkenalkan diri sendiri secara formal dan
informal.
Ø Menggunakan ungkapan tersebut untuk
berinteraksi dengan Orang lain.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
INFORMAL
|
FORMAL
|
-
Hi,My name is Jack
|
-
May i introduce
myself?
|
-
Just call me Jack
|
-
Let me introduce
myself
|
-
Hello,My name is Olga
|
-
I would like to introduce myself.
|
-
How do you do? My
name is Agus
|
-
I will introduce
myself.
|
F.
METODE PEMBELAJARAN
Ø Metode : CTL (Contextual Teaching Learning)
Ø Teknik : Three Phase Technique
Ø Pola :
ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection and Extension)
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Langkah-langkah
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Nilai yg Dikembangkan
|
Kegiatan Awal
|
A. INTRODUCTION
1.
Mengucapkan salam dengan ramah
kepada siswa ketika memasuki ruang kelas.
2.
Menanyakan siswa yang tidak
hadir.
3.
Memberikan motivasi
kepada siswa dengan cara mengajak
siswa berkomunikasi dengan menggunakan ungkapan –ungkapan memperkanlkan diri.
4.
Peserta didik menyimak tujuan
pembelajaran yang dijelaskan oleh guru
|
2 ’
|
Religius
Peduli sosial
|
B. CONNECTION
1. Memberikan
apersepsi kepada siswa dengan menghubungkannya
dengan pelajaran yang telah lalu.
|
1 ’
|
|
|
Kegiatan Inti
|
C. APPLICATION
Eksplorasi
1.
Peserta didik menyimak apa yang diucapkan
oleh seorang guru dan membahas kemungkinan
ungkapan apa yang diucapkan itu.
2.
Peserta didik mengidentifikasi
ungkapan yang baru saja diucapkan dan
didemonstrasikan guru (Inquiry)
Elaborasi
1.
Memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai ungkapan memperkenalkan
diri.
2.
Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal.
3.
Secara tepat peserta didik
berlatih mengartikan apa yang telah mereka tulis dan mereka diskusikan.
Konfirmasi
4.
Memberikan umpan balik pada
siswa dengan memberi penguatan
dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat melaksanakan tugasnya.
|
4 ’
|
Komunikasi
|
Kegiatan Akhir
|
D. REFLECTION
1.
Peserta didik diberi kesempatan
untuk menyampaikan perasaan atau kesan mereka terhadap kegiatan pembelajaran
yang baru saja mereka
alami, serta kesulitan apa yg mereka rasakan selama Proses Belajar Mengajar.
(Reflection)
2.
Peserta didik diajak untuk
menyimpulkan materi pembelajaran.
3.
Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur
menyatakan memperkenalkan diri.
|
2 ’
|
|
E. EXTENSION
1.
Peserta didik diberi motivasi
untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
|
1 ’
|
|
H. SUMBER / BAHAN / ALAT :
Ø
Kertas Materi Pembelajaran
Ø
Script
I. PENILAIAN
Ø Teknik : tes lisan, tes unjuk kerja dan tes
tertulis.
Ø
Bentuk : Performance and Completion
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Jumlah
|
I
II
III
|
Setelah mendengar
percakapan, siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan yang tepat.
Setelah mendengar
percakapan tersebut, siswa dapat merespon dengan jawaban yang tepat.
Diberikan situasi,
siswa dapat melakukan berdialog
bersama sebagai respon mereka.
|
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Performance
MC
Demonstration
|
5
5
5
|
INSTRUMEN
COMPLETING
DIALOGUES
Tom : Big school,isn’t it?
Jerry : Yeah,the buildings are
wonderful,too.
Tom : By the way, , My name’s Tom.
Jerry : Hi, Tom.I’m Jerry
Tom :
Hello, Jerry. How do you do?
Jerry :
Tom.
Tom :
Are you from this city, Jerry?
Jerry : Yes. , Tom?
Tom : I’m from here too.
Jerry : Nice to meet you..
Tom :
Kunci
Jawaban:
- Let
me introduce myself
- How
do you do?
- How
do you do?
4.
Nice to meet you too.
PEDOMAN PENILAIAN
Setiap jawaban yang benar diberi nilai 25
4 x 25 = 100
No.
|
Nama Siswa
|
Score
|
Total Score
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Rio Diansyah
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Robby Indra Pratama
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Rani
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Nurli Amilia
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Trisia Indah Marani
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Vebby Anggraini
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Supriadi
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Fluency: 5 = sangat lancar Pron: 5 = Sangat tepat
4 = lancar 4 = Tepat
3 =
agak lancar 3 = Sedikit kesalahan
2 =
terbata-bata
2 = Banyak kesalahan
1 =
diam
1 = Salah Semua
Into: 5 = Sangat tepat Grammar: 5 = sangat tepat
4 = Tepat 4 = tepat
3 = Sedikit
kesalahan 3 = sedikit kesalahan
2 = Banyak
kesalahan 2 = banyak kesalahan
1 = Salah
semua 1 = salah semua
4.Nilai maksimal = 100
5. Jumlah skor maksimal = I
= 5 x 3 =
15
II
= 5 x 2 = 10
III = 5 x 5
= 25
Jumlah
=
50
6.Nilai siswa
= Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Palembang,
12 Mei 2012
Mengetahui
:
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
___________________
___________________
NIP.
NIP.
0 komentar:
Posting Komentar