Selasa, Mei 15, 2012

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Terbaru 2012

Posted by Unknown 22.33, under | No comments


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                            SATUAN PENDIDIKAN : SMPN 1 PRABUMULIH   
                            MATA PELAJARAN        : BAHASA INGGRIS
                            KELAS / SEMESTER       : VII /1
                            PERTEMUAN KE             : 1
                            ALOKASI WAKTU          : 1 X 10 MENIT
                            ASPEK KEBAHASAAN : BERBICARA
                                              

A.    STANDAR KOMPETENSI : 1. Berbicara
                                                        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.     Kompetensi dasar :     1.1.Berbicara
                                                         Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan  menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyatakan memperkenalkan diri.

C.    INDIKATOR :

Ø  Menggunakan ungkapan memperkenalkan diri sendiri.
Ø  Membedakan ungkapan pengenalan formal dan informal.

D.    TUJUAN :

            Pada akhir pembelajarn siswa dapat :
                                   
Ø  Memperkenalkan diri sendiri secara formal dan informal.
Ø  Menggunakan ungkapan tersebut untuk berinteraksi dengan Orang lain.
E.     MATERI PEMBELAJARAN

INFORMAL
FORMAL
-          Hi,My name is Jack
-          May i introduce myself?
-          Just call me Jack
-          Let me introduce myself
-          Hello,My name is Olga
-          I would  like to introduce myself.
-          How do you do? My name is Agus
-          I will introduce myself.

F.     METODE PEMBELAJARAN

Ø  Metode                  : CTL (Contextual Teaching Learning)
Ø  Teknik                   : Three Phase Technique
Ø  Pola                       : ICARE (Introduction, Connection, Application,                                                       Reflection and Extension)

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran

Waktu
Nilai yg Dikembangkan
Kegiatan Awal
A. INTRODUCTION

1.      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas.

2.      Menanyakan siswa yang tidak hadir.


3.      Memberikan motivasi kepada siswa dengan cara mengajak       siswa berkomunikasi dengan menggunakan ungkapan –ungkapan memperkanlkan diri.

4.      Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang dijelaskan oleh guru

2 ’


Religius
Peduli sosial

B. CONNECTION

1.      Memberikan apersepsi kepada siswa dengan menghubungkannya dengan pelajaran yang telah lalu. 



1

Kegiatan Inti
C. APPLICATION

Eksplorasi

1.      Peserta didik menyimak apa yang diucapkan oleh seorang guru dan membahas kemungkinan ungkapan apa yang diucapkan itu.
2.      Peserta didik mengidentifikasi ungkapan  yang baru saja diucapkan dan didemonstrasikan guru (Inquiry)


    Elaborasi
   
1.      Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai ungkapan memperkenalkan diri.

2.      Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal.


3.      Secara tepat peserta didik berlatih mengartikan apa yang telah mereka tulis dan mereka diskusikan.

       Konfirmasi

4.      Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat melaksanakan tugasnya.

4









Komunikasi
Kegiatan Akhir
D. REFLECTION

1.      Peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan perasaan atau kesan mereka terhadap kegiatan pembelajaran yang baru saja mereka alami, serta kesulitan apa yg mereka rasakan selama Proses Belajar Mengajar. (Reflection)

2.      Peserta didik diajak untuk menyimpulkan materi pembelajaran.

3.      Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur menyatakan memperkenalkan diri.

2

E. EXTENSION

1.      Peserta didik diberi motivasi untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.


1


H.    SUMBER / BAHAN / ALAT :
Ø  Kertas Materi Pembelajaran
Ø  Script

I.       PENILAIAN
Ø  Teknik : tes lisan, tes unjuk kerja dan tes tertulis.
Ø  Bentuk : Performance and Completion  

No
Indikator
Teknik
Bentuk
Jumlah
I






II







 III
Setelah mendengar percakapan, siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan yang tepat.
Setelah mendengar percakapan tersebut, siswa dapat merespon dengan jawaban yang tepat.
Diberikan situasi, siswa dapat melakukan berdialog  bersama sebagai respon mereka.
Tes unjuk kerja






Tes tertulis







Tes unjuk kerja
Performance






MC







Demonstration
5






5







5

INSTRUMEN
COMPLETING DIALOGUES

Tom                 : Big school,isn’t it?

Jerry                : Yeah,the buildings are wonderful,too.

Tom                 : By the way, , My name’s Tom.

Jerry                : Hi, Tom.I’m Jerry

 Tom                : Hello, Jerry. How do you do?

Jerry               :  Tom.

Tom                : Are you from this city, Jerry?

Jerry                : Yes. , Tom?

Tom                 : I’m from here too.

Jerry                : Nice to meet you..

Tom                 :  

            Kunci Jawaban:
  1. Let me introduce myself
  2. How do you do?
  3. How do you do?
4.      Nice to meet you too.

PEDOMAN PENILAIAN

            Setiap jawaban yang benar diberi nilai  25
            4 x 25 = 100
No.
Nama Siswa
Score
Total Score
1
2
3
4
5
1.
Rio Diansyah






2.
Robby Indra Pratama






3.
Rani






4.
Nurli Amilia






5.
Trisia Indah Marani






6.
Vebby Anggraini






7.
Supriadi







Keterangan :

Fluency:  5 = sangat lancar                             Pron:     5 = Sangat tepat
    4 = lancar                                                  4 = Tepat
    3 = agak lancar                                          3 = Sedikit kesalahan
    2 = terbata-bata                                        2 = Banyak kesalahan
    1 = diam                                                   1 = Salah Semua

Into:  5 = Sangat tepat                         Grammar: 5 = sangat tepat
        4 = Tepat                                                   4 = tepat
        3 = Sedikit kesalahan                                  3 = sedikit kesalahan
        2 = Banyak kesalahan                                 2 = banyak kesalahan
        1 = Salah semua                                         1 = salah semua


4.Nilai maksimal = 100

5. Jumlah skor maksimal =    I  =   5  x 3 =   15
                                   II  =  5  x 2 =   10
                                  III =   5  x 5 =   25
                                      Jumlah        =   50

6.Nilai siswa  =  Skor perolehan  x 100
         Skor maksimal




                                   
                                                                                                            Palembang,  12 Mei 2012
Mengetahui  :
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran




___________________                                                                        ___________________
NIP.                                                                                                       NIP.

Add to Google Reader or Homepage

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags

Blog Archive